Senin, 28 Oktober 2013

Tugas Mail Merge dan Surat





Cara memformat cells pada excel
·         Ketik data yang ingin diketik, missalnya nama dan NIM.
·         Apabila angka misalnya NIM anda setelah diketik muncul seperti rumus makalakukan pemformatan
·         Tempatkan pointer di tempat yang akan di format
·         Klik kanan
·         Pilih Format Cells
·         Akan muncul kotak Format Cells, didalamnya terdapat beberapa pilihan: Number untuk memformat angka, Alignment untuk memformat letak dari teks dalam cell, Font untuk memformat huruf, Border untuk memformat garis tepi cell, Fill untuk memformat warna dari cell, dan Protection.
·         Misalnya untuk NIM dilakukan pemformatan dengan pilihan Number, kemudian pilih Number pada bagian Category.

Cara membuat Mail Merge:
·         Ketik Daftar Nama yang anda ingin undang dalam surat pada program Excel dan kemudian Save.
·         Buatlah Surat yang anda ingin perbanyak
·         Pilih menu Mailings
·         Pilih Start Mail Merge pada kolom Start Mail Merge, kemudian pilih Normal Word Document
·         Pilih Select Recipients pada kolom Start Mail Merge, kemudian pilih Use an Exiting List
·         Pilih data Excel yang berisi daftar nama yang telah anda simpan.
·         Pilih dimana anda mengketik daftar nama tersebut, apakah I sheet 1, sheet 2, atau sheet 3. Kemudian  OK
·         Tempatkan kursor anda di tempat nama
·         Pilih Insert Merge Field, Kemudian Klik salah satu nama
·         Untuk membuat banyak daftar nama tersebut sesuai dengan jumlah pada daftar nama di Excel, perbanyaklah pada kolom Preview Results.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar